ESSAY

Writer / NIM
NISPA TAHAWALI / 421407052
Study Program
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Advisor 1 / NIDN
MUHAMMAD YUSUF, S.Si, M.Si / 0011037503
Advisor 2 / NIDN
TIRTAWATY ABDJUL, S.Pd, M.Pd / 0020067903
Abstract
NISPA TAHAWALI, 2012. “Upaya meningkatkan Hasil Belajar siswa dalam pembelajaran fisika dengan menggunakan metode problem solving”Skripsi. Jurusan Pendidikan Fisika Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing Utama Bapak Muhammad Yusuf, S.Si, M.Si dan Pembimbing Pendamping Ibu Tirtawaty Abdjul S.Pd, M.Pd. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SMA Negeri I Telaga pada siswa kelas X2 tahun pelajaran 2011/2012 dengan jumlah 31 orang siswa yang terdiri 6 orang siswa laki-laki dan 25 orang siswa perempuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran fisika melalui metode problem solving. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan model visualisasi Kemmis dan Mc. Taggart dengan langkah-langkah penelitian tindakan yang di mulai dari perencanaan , pelaksanakan tindakan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa 10 orang siswa atau 32,25 % mendapat nilai lebih dari 75, sedangkan 21 orang siswa atau 67,74 % mendapat nilai kurang dari 75. Hal Ini berarti penelitian pada siklus I belum mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan, untuk itu perlu dilanjutkan pada siklus berikutnya. Berbagai kekurangan pada siklus I diperbaiki dan disempurnakan pada siklus II dan hasil penelitian pada siklus II menunjukkan bahwa 28 orang siswa atau 90,32 % mendapat nilai lebih dari 75, sedangkan 3 orang siswa atau 9,7 % mendapat nilai kurang dari 75. Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode problem solving dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Fisika pada kelas X2 SMA Negeri I Telaga pada tahun pelajaran 2011/2012. Kata kunci: Hasil Belajar Siswa, Metode Problem Solving, Suhu Dan Kalor
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011