ESSAY

Writer / NIM
RAPI HILALA / 421407063
Study Program
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Advisor 1 / NIDN
Drs. ASRI ARBIE, M.Si / 0017046302
Advisor 2 / NIDN
RAGHEL YUNGINGER, S.Pd, M.Si / 0026107704
Abstract
Rapi Hilala 2012. Pengaruh Penggunaan LKS Kontruktivisme Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika. Skripsi, Program Studi SI Pendidikan Fisika Jurusan Fiisika, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I : Drs. Asri Arbie M.Si, Pembimbing II : Raghel Yunginger, S.Pd, M.Si Penelitian ini mengkaji pengaruh Penggunaan LKS Kontruktivisme terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fisika topik tekanan. Pada penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bulango Timur dengan jumlah 43 orang, pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik sampling jenuh karena hanya ada 2 kelas utuk sampel. Penelitian ini dilakukan dengan memberikan pre-test pada awal pembelajaran untuk mengetahui kemampuan awal siswa mengenai materi yang akan diajarkan, dan diakhir pembelajaran diberikan post-test untuk mengetahui sejauh mana kemajuan hasil belajar siswa. Desain penelitian ini adalah Desain Penelitian Pretest – posttest Control Group Design. Secara statistik, dan rata-rata skor hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol diuji perbedaannya dengan menggunakan statistic uji t pada pengujian hipotesis. Berdasarkan kriteria pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel atau 4,16 > 2,02 dengan kata lain thitung berada di luar daerah penerimaan hipotesis Ho (Ho ditolak) yang berarti menerima hipotesis alternative (H1 diterima). Ini berarti terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kata kunci : LKS kontruktivisme, Hasil Belajar, Cooperative
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011