ESSAY

Writer / NIM
ROSMINA TIAH / 421407074
Study Program
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Advisor 1 / NIDN
MUHAMMAD YUSUF, S.Si, M.Si / 0011037503
Advisor 2 / NIDN
AHMAD ZAINURI, S.Pd, MT / 0021077302
Abstract
ABSTRAK Rosmina Tiah. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Alat-alat Optik Dengan Menggunakan Model PembelajaranCourse Review Horay.Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi alat-alat optik dengan menggunakan model course review horay. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Keberhasilan dan kegagalan pada siklus I telah diidentifikasi berdasarkan kekurangan – kekurangan dan melakukan perbaikan–perbaikan pada siklus II. Peneliti telah melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan model course review horayberdasarkan RPP. Hasil penelitian diperoleh bahwa model course review horay memiliki keterlaksanaan dimana pada siklus I ketuntasan siswa 9 dari 21 siswa atau 42,86%, pada siklus II presentase tersebut meningkat menjadi 19 dari 21 atau 90,5% yang dinyatakan tuntas belajar. Dan pada lembar pengamatan guru pada siklus I dari 16 apek yang diamati 6 dari 16 aspek atau 37,5% baik dan 10 aspek atau 62,5% cukup, pada siklus II persentasenya meningkat menjadi 6 atau 37,5% sangat baik dan 10 atau 62,5% baik. Sama halnya dengan pengamatan siswa siklus I dari 11 aspek yang diamti 3 atau 27,27 baik dan 8 atau 72,73 cukup, dimana pada siklus II 7 atau 63,64 sangat baik dan 4 atau 36,36 baik. Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa melalui penggunaan model course review horay pada materi alat–alat optik dapat meningkatkan hasil belajar siswa, di kelas VIII2 SMP N 3 Wonosari. Kata kunci : Course Review Horay,Hasil Belajar Siswa.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011