ESSAY

Writer / NIM
SRI RETNI BOTAWE / 421407083
Study Program
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Advisor 1 / NIDN
Dr FITRYANE LIHAWA, M.Si / 0009126902
Advisor 2 / NIDN
SUPARTIN, M.Pd / 0012047605
Abstract
Sri Retni Botawe, 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Active Knowledge Sharing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Fisika Materi Kalor. (Suatu Penelitian Eksprimen Di SMP Negeri 12 Gorontalo). Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika, jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan IPA, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Dr. Fitryane Lihawa, M.Si, pembimbing II: Supartin M.Pd. Penelitian bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe active knowledge sharing dan yang menggunakan model pembelajaran langsung. Populasi penelitian ini dalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 12 Gorontalo. Sampel diambil menggunakan cluster random sampling, kemudian ditentukan kelas eksperimen sebanyak 24 siswa yakni kelas VII4 dan kelas kontrol sebanyak 24 siswa yakni kelas VII2. Teknik analisis data menggunakan uji t. sebagai persyaratan analisis dilakukan uji normalitas dengan rumus chi kuadrat dan uji homogenitas dengan menggunakan uji barlett. Dari hasil analisis data pada ???? = 0.05 diperoleh ttabel = 2.02 dan thitung = 20.31. ini berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe active knowledge sharing dengan yang menggunakan model pembelajaran langsung pada materi kalor. Perbedaan hasil belajar siswa tersebut ditunjukkan oleh distribusi rata-rata skor kemajuan hasil belajar siswa untuk ke;as eksperimen 49.91 % dan kelas kontrol 29.35 %. Dapat disimpulkan bahwa pengajaran fisika menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe active knowledge sharing pada materi kalor memberikan hasil yang baik. Oleh karena itu, model pembelajaran ini dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pengajaran guna mengaktifkan siswa pada proses belajar mengajar. Kata Kunci: Active Knowledge Sharing, Hasil Belajar
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011