ESSAY

Writer / NIM
SUDARMONO A. HI. RASYID / 421407085
Study Program
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Advisor 1 / NIDN
Dr. rer.nat MOHAMAD JAHJA, M.Si / 0017027401
Advisor 2 / NIDN
TIRTAWATY ABDJUL, S.Pd, M.Pd / 0020067903
Abstract
ABSTRAK Sudarmono A.Hi.Rasyid, NIM 421 407 085. “Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Di SMK Negeri 1 Gorontalo Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Pada Mata Pelajaran Fisika”. Skripsi. Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan di SMK Negeri 1 Gorontalo tahun ajaran 2011-2012 semester ganjil dengan jumlah siswa yang dikenai tindakan adalah 34 orang. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa pada konsep usaha dan energi dengan menerapkan tipe Think Pair Share. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang melibatkan tiga orang pengamat, dua orang mengamati keaktifan siswa dan satu orang lagi mengamati aktifitas guru. Hal ini dilakukan berdasarkan hasil tindakan pada siklus I belum mencapai kriteria ketuntasan belajar. Kriteria ketuntasan dalam penelitian ini adalah 75 % dari semua siswa yang dikenai tindakan. Ketuntasan belajar pada siklus I hanya mencapai 58.82%, sehingga penelitian ini dilanjutkan pada siklus II. Hasil yang diperoleh dari evaluasi pada siklus II menunjukan peningkatan yang signifikan, yaitu dari 34 siswa yang dikenai tindakan terdapat 30 siswa tuntas belajar atau 88.24% dan keaktifan siswa mencapai skor minimal baik untuk semua kategori. Sehingga penelitian ini diakhiri pada siklus II. Dengan demikian, penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dalam proses belajar mengajar khususnya pada konsep usaha dan energi dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa. Kata kunci : Tipe Think Pair Share, Aktivitas Belajar
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011