ESSAY

Writer / NIM
TRIMOKO PAIJO / 421407095
Study Program
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Advisor 1 / NIDN
Dr. rer.nat MOHAMAD JAHJA, M.Si / 0017027401
Advisor 2 / NIDN
SUPARTIN, M.Pd / 0012047605
Abstract
Trimoko Paijo. Meningkatkan hasil belajar siswa pada materi kalor dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif menggunakan alat pengering rambut buatan guru. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SMK Negeri 1 Limboto pada kelas XI jurusan Teknologi Hasil Pertanian tahun pelajaran 2012/2013. Siswa yang mendapat tindakan berjumlah 25 orang. Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini kooperatif yang menggunakan alat pengering rambut buatan guru. Penelitian dilakukan dalam dua siklus dengan menggunakan lembar pengamatan aktifitas guru, lembar pengamatan aktifitas siswa,dan hasil belajar siswa. Data yang diperoleh diolah dan dianalisis dalam bentuk prosesntase yang disajikan melalui tabel grafik untuk menunjukkan kualitas pelaksanaan pembelajaran dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; (1) Pengelolaan pembelajaran kooperatif yang diamati melalui lembar pengamatan aktifitas guru mengalami peningkatan dari 79,17% pada siklus I menjadi 100% pada siklus II; (2) Aktifitas siswa mengalami peningkatan dari 75% pada siklus I menjadi 100% pada siklus II; (3) Hasil belajar siswa meningkat dari 36% pada siklus I menjadi 100% pada siklus II. Dari hasil yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model kooperatif yang menggunakan alat pengering rambut buatan guru dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran fisika khususnya materi kalor.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011