ESSAY

Writer / NIM
ABDUL DJABAR R. SULEMAN / 421408001
Study Program
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Advisor 1 / NIDN
Dr. rer.nat MOHAMAD JAHJA, M.Si / 0017027401
Advisor 2 / NIDN
Dr.Sc. YAYU INDRIATI ARIFIN, M.Si / 0030017802
Abstract
Abdul Djabar R Suleman, 2012,Meningkatkan hasil belajar siswa dengan mengunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) Pada Materi Bunyi Melalui Lesson Study (Suatu Penelitian di MTS Negeri Telaga Biru). Skripsi, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Penelitian tindakan kelas dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) mengunakan pendekatan Lesson Study. Pendekatan Leson Study digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan pola pengajaran yang di lakukan oleh guru selama proses pembelajaran dilakukan. Adapun subjek yang dikenakan tindakan adalah siswa kelas VIII^B Mts Negeri Telaga Biru tahun ajaran 2011/2012 dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang. Dari data hasil penelitian siklus I menunjukan bahwa dari 20 orang siswa yang dikenai tindakan, 10 orang siswa atau 50%yang mendapat nilai diatas 70 sedangkan 10 orang siswa atau 50% mendapat nilai dibawah 70. Ini berarti bahwa tindakan yang diberikan pada siklus I belum mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan, sehingga perlu dilanjutkan pada siklus selanjutnya. Pada siklus II menunjukan bahwa dari 20 orang siswa yang dikenai tindakan, 17 orang siswa atau 85% mendapatkan nilai diatas 70 dan 3 orang siswa atau 15% mendapatkan nilai kurang dari 70. Dari hasil tersebut menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) melalui lesson study pada materi bunyi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII^B MTS N Telaga Biru. Kata kunci : Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT), Hasil Belajar, Lesson Study.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011