ESSAY

Writer / NIM
FARHANAN ANOEZ / 421408019
Study Program
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Advisor 1 / NIDN
Drs. ASRI ARBIE, M.Si / 0017046302
Advisor 2 / NIDN
TIRTAWATY ABDJUL, S.Pd, M.Pd / 0020067903
Abstract
ABSTRAK Farhanan Anoez. 2012. Pengaruh Strategi Pembelajaran Kooperatif Multi Level Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Topik Listrik Dinamis (Suatu Penelitian Di SMA Negeri 1 Telaga. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Drs. Asri Arbie, M.Si dan Pembimbing II Tirtawaty Abdjul S.Pd. M.Pd Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan strategi pembelajaran Kooperatif Multi Level dan yang tidak menggunakan strategi pembelajaran Kooperatif Multi Level. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMA Negeri 1 Telaga. Pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster random sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah Pretest-Posttest Control Group Design. Pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan instrumen tes. Tes diberikan kepada siswa yang berada di kelas eksperimen dan di kelas kontrol sebanyak 2 kali yaitu pretest dan posttest. Data hasil penelitian diuji normalitasnya dengan menggunakan uji statistik dengan rumus chi-kuadrat dan diperoleh nilai < yaitu untuk kelas eksperimen sebesar 3.57 < 15.086 (pretest), 11.78< 15.086 (posstest) dan untuk kelas kontrol 8.73 < 15.086 (pretest) dan 5.53 < 15.086 (posttest). Data hasil penelitian ini menunjukkan bahwa untuk kedua kelas data tersebut dapat terdistribusi secara normal. Untuk pengujian hipotesis, data hasil belajar siswa diuji dengan menggunakan Uji statistik ANAKOVA . Rata-rata skor kemajuan hasil belajar siswa diperoleh pada kelas eksperimen lebih tinggi yaitu sebesar 45.11 % sedangkan rata-rata skor kemajuan hasil belajar siswa yang diperoleh pada kelas kontrol hanya sebesar 35.44 %. Kata Kunci : Strategi Kooperatif Multi Level, Hasil Belajar
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011