ESSAY

Writer / NIM
VERAWATI I. NUAYI / 421408021
Study Program
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Advisor 1 / NIDN
Dr FITRYANE LIHAWA, M.Si / 0009126902
Advisor 2 / NIDN
NOVA ELYSIA NTOBUO, S.Pd, M.Pd / 0021038106
Abstract
Verawati I. Nuayi. 2016. Pengaruh Penggunaan Metode Group Investigation (GI) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kalor Di SMP Negeri 3 Gorontalo. Skripsi, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Fitriyane Lihawa, M.Si dan Pembimbing II Nova Elysia Ntobuo, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode group investigation dan pembelajaran langsung pada materi kalor. Untuk mencapai tujuan tersebut, penulis menggunakan metode penelitian eksperimen dengan desain Posttest-Only Control Design. Teknik pengumpulan data adalah dengan menggunakan test hasil belajar yang diberikan pada sampel penelitian, sampel penelitian terdiri atas dua kelas yaitu kelas VII^1 sebagai kelas eksperimen sedangkan VII^3 sebagai kelas kontrol. Kelas ekperimen merupakan kelas yang menggunakan metode group investigation sedangkan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran langsung. Instrumen yang digunakan yaitu tes untuk mengukur hasil belajar fisika siswa berupa soal-soal tes uraian. Data instumen tes dianalisis menggunakan analisis statistic yaitu uji t pada taraf = 0,05 diperoleh nilai thitung (10,17 ) > t tabel (2,01) sehingga hipotesis nol (Ho) ditolak dan H1diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar yang signifikan antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran group investigation dengan siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan pembelajaran langsung. Model pembelajaran group investigation sangat baik diterapkan di Sekolah Menengah Pertama khususnya materi kalor. Kata kunci: Group Investigation, Hasil Belajar
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011