ESSAY

Writer / NIM
IRMAWATI SARAHA / 421408038
Study Program
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Advisor 1 / NIDN
MUHAMMAD YUSUF, S.Si, M.Si / 0011037503
Advisor 2 / NIDN
SUPARTIN, M.Pd / 0012047605
Abstract
ABSTRAK Irmawati Saraha. 2012. Hubungan Antara Kebiasaan Belajar Dengan Prestasi Belajar Fisika Kelas X, X1 dan X11 SMA Tridharma kota Gorontalo Tahun Pelajaran 2011/2012. Penelitian ini bermaksud untuk dapat mengungkapkan permasalahan tentang hubungan antara kebiasaan belajar dengan prestasi belajar siswa. Adapun yang menjadi tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara kebiasaan belajar dengan prestasi belajar siswa di SMA Tridharma Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Untuk memperoleh data yang diinginkan dan sesui dengan kepentingan penjelasan maka penulis menggunakan teknik pengumpulan data melalui Angket, Dokumentas. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah analisis regresi dan korelasi. Sederhana. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini ditemukan hal-hal sebagai berikut : 1). Pengujian normalitas data dengan teknik yang sesuai, data mengenai kebiasaan belajar sebagai variabel X dan hasil belajar sebagai variable Y menunjukan distribusi normal. 2). Berdasarkan hasil pengolahan data penelitian diperoleh persamaan Regresi . Hal ini berarti bahwa setiap terjadi perubhan sebesar satu unit pada variable X, maka akan diikut oleh perubahan sebesar satu unit pada variable Y sebesar 0,349 unit. Berdasarkan pengujian hipotesis yang telah dilakukan, maka dapat dilihat bahwa hipotesis penulisan yang berbunyi bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kebiasaan belajar siswa terhadapa prestasi belajar siswa dapat diterima dengan uji koefisien korelasi diperoleh harga r2 = 0,2361 atau 23,61%. Hal ini menunjukan bahwa kebiasaan belajar memiliki hubungan yang erat dengan prestasi belajar siswa. Kata Kunci: Kebiasaan Belajar, Prestasi Belajar Siswa ABSTRACT Irmawati Saraha. Habits of Learning With the Relationship Between Student Achievement Class X, X1 and X11 High School Year Lesson Gorontalo city Tridharma 2011/2012. This study intends to reveal the problems of the relationship between the habit of learning with student achievement. As for the purpose of this paper is to determine whether there is a relationship between the habit of learning with student achievement in high school Tridharma Gorontalo. The method used in this study is a quantitative method. To obtain the desired data and explanations within their interests the authors use the technique of data collection through questionnaire, observation. Documentation, and learning outcomes. The technique used to analyze the data is regression and correlation analysis. Simple. Based on the results of data analysis in this study found the following things: 1). Testing the normality of the data with appropriate techniques, data on study habits as variables X and Y learning outcomes as a variable showed normal distribution. 2). Based on the processing of research data obtained regression equation This means that any changes by one unit in the variable X, it will follow by a change of one unit in the variable Y of 0,349 units. Based on hypothesis testing has been done, it can be seen that the hypothesis of writing which says that there is significant influence between students' learning habits terhadapa student achievement test is acceptable with a correlation coefficient r2 = 0,2361 price obtained or 23,61%. This shows that the habit of learning has a close relationship with student achievement. Keywords: Habit Learning, Student Achievement
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011