ESSAY

Writer / NIM
ISRAWATI / 421408040
Study Program
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Advisor 1 / NIDN
RAGHEL YUNGINGER, S.Pd, M.Si / 0026107704
Advisor 2 / NIDN
SUPARTIN, M.Pd / 0012047605
Abstract
ABSTRAK Israwati, Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Prediction Guide Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Suhu. Penelitian yang dilakukan merupakan suatu kajian studi eksperimen di salah satu Sekolah Menengah Atas yang ada di Kota Gorontalo yang bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara siswa yang menggunakan pembelajaran aktif tipe prediction guide dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung. Subyek penelitian adalah siswa kelas X SMKN 1 GORONTALO dengan jumlah siswa untuk keseluruhan siswa kelas X 300 orang . Sampel pada penelitian ini adalah kelas ANKIM2 dan kelas TKJ1 dengan jumlah masing-masing siswa yaitu 32 dan 34 orang. Sampel ditentukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling design penelitian Postest-Only Control Design. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kelas eksperimen pengelolaan pembelajaran dapat dilaksanakan dengan baik, rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen (83,68%), aktivitas belajar berpusat pada siswa. Dibandingkan dengan kelas kontrol dimana rata-rata hasil belajar siswa pada kelas kontrol yaitu (57,71%) dan aktivitas belajar berpusat pada guru. Berdasarkan temuan-temuan tersebut di atas, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara kelas yang dibelajarkan menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe prediction guide dengan kelas yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran langsung yakni hasil belajar siswa yang menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe prediction guide lebih tinggi dibandingkan dengan kelas dengan menggunakan model pembelajaran langsung. Kata Kunci: Prediction Guide, Hasil belajar
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011