ESSAY

Writer / NIM
JAMNAL NAGARING / 421408041
Study Program
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. H. YOSEPH PARAMATA, M. Pd / 0015086106
Advisor 2 / NIDN
CITRON S PAYU, S.Pd, M.Pd / 0024047403
Abstract

ABSTRAKJamnal Nagaring. NIM. 421 408 041 “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament (TGT) dengan Menggunakan Pendekatan Kontekstual Terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fisika”. Skripsi. Jurusan Fisika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo. 2013. Pembimbing I Prof. Dr. Yoseph Paramata, M.Pd, dan Pembimbing II Citron S. Payu, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini merupakan studi eksperimen di SMA N 1 Bongomeme yang meneliti tentang minat belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT pada pembelajaran fisika. Penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan minat belajar siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dan yang menggunakan model pembelajaran langsung metode diskusi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMA Negeri 1 Bongomeme. Pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster random sampling. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain Posttest Only Control Design. Pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan instrumen angket. Angket diberikan kepada siswa yang berada di kelas eksperimen dan di kelas kontrol sebanyak 1 kali yaitu post-test. Data hasil penelitian diuji normalitasnya dengan menggunakan statistik Uji chi-kuadrat dan diperoleh nilai hitung   <   yaitu untuk kelas eksperimen sebesar 2,409 < 11.070 (capaian minat belajar) dan kelas kontrol 2.871 < 11.070 (capaian minat belajar). Data hasil penelitian ini menunjukkan bahwa untuk kedua kelas data tersebut dapat terdistribusi secara normal. Untuk pengujian homogenitas menggunakan statistik Uji- Bartlet dan diperoleh nilai Fhitung < Ftabel yaitu 0.277 < 3.841. Untuk pengujian hipotesis, data minat belajar siswa diuji dengan menggunakan statistik Uji-t dan diperoleh nilai Fhitung > Ftabel yaitu 8.342 > 1.980. Kata Kunci : TGT, Minat Belajar Siswa

Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011