ESSAY

Writer / NIM
MARSI / 421408045
Study Program
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Advisor 1 / NIDN
Dr. rer.nat MOHAMAD JAHJA, M.Si / 0017027401
Advisor 2 / NIDN
TIRTAWATY ABDJUL, S.Pd, M.Pd / 0020067903
Abstract
ABSTRAK Marsi. ” Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Unit Suhu dan Kalor dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD di SMKN 1 Gorontalo”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui "Apakah dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada unit suhu dan kalor di SMKN 1 Gorontalo.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada semester genap yang pelaksanaannya dilakukan dalam 1 siklus yang terdiri dari 2 pertemuan. Pertemuan 1 diberikan materi suhu, pertemuan 2 diberikan materi kalor. Selain itu, kegiatan guru dan kegiatan siswa dikumpulkan melalui lembar pengamatan. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukan bahwa dari 33 siswa yang dikenai tindakan ada 29 orang atau 87,87% memperoleh nilai 70 keatas, sedangkan 4 orang atau 12,12% lainnya memperoleh nilai kurang dari 70. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada unit suhu dan di SMKN 1 Gorontalo. Kata Kunci : Hasil Belajar, Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Suhu dan Kalor
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011