ESSAY

Writer / NIM
MEI A. HEDIMO / 421408048
Study Program
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. ENOS TARUH, M.Pd / 0012085908
Advisor 2 / NIDN
AHMAD ZAINURI, S.Pd, MT / 0021077302
Abstract
ABSTRAK Mei A. Hedimo. 2016. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Artikulasi Berbasis Eksperimen Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Suhu Dan Kalor. Skripsi, Program Studi pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada kelas yang menerapkan model pembelajaran tipe artikulasi dengan kelas yang menerapkan model pembelajaran jigsaw. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan dalah True experimental design dengan posttest-only group control design. Pengambilan sampel dilakukan dengan tehnik cluster random sampling, siswa kelas X3 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe artikulasi dan siswa kelas X4 sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran jigsaw. Instrumen yang digunakan yaitu tes untuk mengukur hasil belajar fisika siswa berupa soal-soal tes uraian. Data instumen tes dianalisis menggunakan analisis statistic yaitu uji t pada taraf = 0,05 diperoleh nilai thitung (8,09 ) > ttabel (2,002) sehingga hipotesis nol (Ho) ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan antara kelas yang menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe Artikulasi dengan kelas yang menerapkan model pembelajaran jigsaw pada materi Suhu dan Kalor. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Artikulasi, Hasil Belajar Siswa
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011