ESSAY

Writer / NIM
RASDIANA LUTFI / 421408066
Study Program
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Advisor 1 / NIDN
Dr. rer.nat MOHAMAD JAHJA, M.Si / 0017027401
Advisor 2 / NIDN
SUPARTIN, M.Pd / 0012047605
Abstract
Rasdiana Lutfi. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Silent Demonstration Berbasis Lesson Study pada Materi Energi dan Usaha. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SMP Negeri 2 Bolangitang Barat. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi energi dan usaha dengan menggunakan Metode Silent Demonstration berbasis Lesson Study. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus yang melibatkan tiga orang pengamat. Hal ini dilakukan berdasarkan hasil tindakan pada siklus I belum mencapai kriteria ketuntasan belajar. Kriteria ketuntasan dalam penelitian ini adalah 75% dari jumlah siswa yang dikenakan tindakan dan memperoleh nilai ? 63. Ketuntasan belajar pada siklus I dari 21 siswa yang dikenai tindakan hanya 14 siswa yang tuntas belajar atau 66%, sehingga penelitian ini dilanjutkan ke siklus II. Hasil yang di peroleh dari evaluasi pada siklus II menunjukkan peningkatan, yaitu dari 21 siswa yang dikenai tindakan terdapat 18 siswa yang tuntas belajar atau 86%. Sehingga penelitian ini di akhiri pada siklus II. Dengan demikian, penggunaan Metode Silent Demonstration pada mata pelajaran fisika khususnya pada materi energi dan usaha dapat meningkatkan hasil belajar. Kata Kunci : Silent Demonstration, Hasil Belajar.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011