ESSAY

Writer / NIM
ALI SAAD / 421408096
Study Program
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. H. YOSEPH PARAMATA, M. Pd / 0015086106
Advisor 2 / NIDN
TIRTAWATY ABDJUL, S.Pd, M.Pd / 0020067903
Abstract
ABSTRAK Ali Saad. 2016. Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik dengan Menggunakan Pendekatan PAKEM pada Materi Energi Bunyi di Kelas IV SDN 66 Kota Timur. Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan IPA, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Yoseph Paramata, M.Pd dan Pembimbing II Tirtawaty Abdjul, S.Pd, M.Pd Penelitian ini bermaksud meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan pendekatan PAKEM yang dilaksanakan dalam 2 Siklus, dan instrumen penelitian yang digunakan adalah Lembar pengamatan kegiatan guru, lembar pengamatan siswa dan analisis hasil belajar siswa. Hasil pengamatan kegiatan guru pada siklus I diperoleh 63,2% dan pada siklus II meningkat menjadi 94,8%. Hasil pengamatan kegiatan siswa pada siklus I diperoleh 61,9 dan siklus II mencapai 90,5%. Siklus I hasil belajar siswa diperoleh daya serap klasikal siswa 69,72 %, rata-rata kelas mencapai 69,72 dan siswa yang memperoleh nilai 75 ke atas 55,6 %. Sementara pada siklus II yang memperoleh 75 ke atas 88,9 %, rata-rata kelas 85,28 dan daya serap klasikal 85,28 %. Memperhatikan hasil siklus II, maka disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan pendekatan PAKEM dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: PAKEM, Hasil Belajar
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011