ESSAY

Writer / NIM
RUDINI LAOH / 421409006
Study Program
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. ENOS TARUH, M.Pd / 0012085908
Advisor 2 / NIDN
CITRON S PAYU, S.Pd, M.Pd / 0024047403
Abstract
RUDINI LAOH. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika Pokok Bahasan Perpindahan Kalor (Suatu Penelitian di SMA negeri 4 Gorontalo). Skripsi. Gorontalo. Jurusan Pendidikan fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo. 2013/2014. Dasar penelitian ini adalah masalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran FisikaTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajarkan dengan menggunakna model Think-Pair-Share dengan siswa yang diajarkan melalui pembelajaran konvensional pada materi perpindahan kalor pada siswa kelas X di SMA Negeri 4 Gorontalo. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan populasinya seluruh siswa SMA Negeri 4 Gorontalo dan populasi ini ditetapkan kelas X sebagai sampel, yaitu kelas X3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X2 sebagai kelas kontrol. Penulis bermaksud menguji hipotesis : "Terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada materi perpindahan kalor yang diajarkan dengan menggunakan metode Think-Pair-Share dengan yang diajarkan menggunkaan pembelajaran konvensional pada kelas X di SMA", dengan menggunakan statistik uji t. Kriteria pengujian adalah : t > t atau 2.650 > 2.004. Dengan kata lain menerima H dan menolak H artinya terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa yang memnggunakan model Think-pair-share dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional.Berdasarkan hasil evaluasi tersebut, didapat bahwa penggunaan metode think-pair-share dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perpindahan kalor sehingga layak untuk digunakan pada pembelajaran fisika nantinya. kata kunci : Think-Pair-Share,Hasil Belajar
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011