ESSAY

Writer / NIM
ASPIAH A. TIMUMUN / 421409043
Study Program
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Advisor 1 / NIDN
Dr. rer.nat MOHAMAD JAHJA, M.Si / 0017027401
Advisor 2 / NIDN
RAGHEL YUNGINGER, S.Pd, M.Si / 0026107704
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakanMetode eksperimendengankelas yang menggunakan metode diskusi pada materi impuls dan momentum.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X dan sampel dalampenelitianinimelibatkan dua kelassebagaiobjekpenelitianmasing-masingterbagidalamkelaseksperimen(X TKJ A) dengan jumlah siswa 32 orang dankelaskontrol (X TKJ B) dengan jumlah siswa 30 orang yang penarikansampelnyadengan menggunakanteknikCluster Random Sampling.PenelitianinimenggunakandesainPretest-Posttest Control Group Design.Pengujian hipotesis dengan menggunakan t-test menunjukkan bahwa thitung >ttabel yaitu 4,83>1,67. Hal ini berarti bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan metode eksperimendengan kelas yang menggunakan metode diskusi. Kata kunci : Metode eksperimen, hasil belajar, impuls dan momentum
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011