ESSAY

Writer / NIM
IRMAYANTI RIDWAN / 421409049
Study Program
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. MURSALIN, M.Si / 0012045710
Advisor 2 / NIDN
NOVA ELYSIA NTOBUO, S.Pd, M.Pd / 0021038106
Abstract

ABSTRAK Irmayanti Ridwan. 2014. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Impuls Dan Momentum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe student team achievement division dan kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajarn langsung. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan populasi yaitu seluruh siswa kelas X SMK N 1 Suwawa dan sempelnya hanya dua kelas diambil, penarikan sampel ini dilakukan dengan tehnik Cluster rondom sampling, dengan desain penelitian yang digunakan yaitu pretest posttest Control group design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument berupa tes objektif. Tes yang diberikan kepada siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol sebanyak dua kali yaitu pretest dan posttest. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division pada kelas eksperimen dan pembelajaran langsung pada kelas kontrol, sedangkan variabel terikatnya yaitu hasil belajar siswa. Berdasarkan kriterian pengujian yang digunakan diperoleh bahwa ada pengaruh yang dihasilkan melalui model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division terhadap hasil belajar. Kata kunci : Hasil belajar dan model pembelajaran kooperatif tipe STAD

Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011