ESSAY

Writer / NIM
NURLIA / 421409055
Study Program
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. MURSALIN, M.Si / 0012045710
Advisor 2 / NIDN
CITRON S PAYU, S.Pd, M.Pd / 0024047403
Abstract
ABSTRAK Nurlia. 2014. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Siswa dan Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Materi Suhu dan Kalor. Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dan keterampilan proses sains siswa kelas X SMA Negeri 2 Limboto pada semester genap tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X semester genap SMA Negeri 2 Limboto yang terbagi dalam lima kelas dan masing-masing kelas terdiri dari 30-31 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan X IPA 4 sebagai kelas kontrol. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretest-posttest control group design. Dengan menggunakan cara cluster random sampling (acak) untuk memilih anggota kelompok (kelas). Pada kelas eksperimen diberi perlakuan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan kelas kontrol dengan model pembelajaran langsung. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument berupa tes objektif. Tes terdiri dari dua jenis yakni tes hasil belajar dan tes keterampilan proses sains. Tes tersebut diberikan kepada siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol sebanyak dua kali yaitu pretest dan posttest. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan uji-t untuk menguji hipotesis yang diajukan. Dari hasil perhitungan yang dilakukan ternyata diperoleh thitung untuk hasil belajar sebesar 13,54 dan thitung untuk KPS sebesar 9,613 kemudian dikonsultasikan dengan taraf signifikansi = 0,05 diperoleh ttabel sebesar 2,00. Karena thitung > ttabel (13,54 > 2,00 dan 9,613 > 2,00) maka H0 ditolak, sehingga terdapat perbedaan hasil belajar dan keterampilan proses sains siswa antara kelas yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran langsung. Kata kunci : Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar, Keterampilan Proses Sains
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011