ESSAY

Writer / NIM
ANISA I. LAUSENG / 421409069
Study Program
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. MURSALIN, M.Si / 0012045710
Advisor 2 / NIDN
TIRTAWATY ABDJUL, S.Pd, M.Pd / 0020067903
Abstract
ABSTRAK Anisa I Lauseng, 2014. Pengaruh Penerapan Model Siklus Belajar Abduktif Empiris Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kalor.Penelitian inibertujuan untuk mengetahuiperbedaan hasil belajar siswa antara kelas yang menerapkan model siklus belajar abduktif empiris dan kelas yang menerapkan model pembelajaran konvensional pada materi kalor.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di SMP Negeri 6 Gorontalo tahun ajaran 2013/2014 pada semester ganjil. Dipilih dua kelas sebagai sampel penelitian dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan pretest-posttest control group design.Pengumpulan data yang digunakan berupa instrument tes objektif. Sebelum melaksanakan eksperimen, diberikan pretest untuk mengukur homogenitas kedua kelas, kemudian pelaksanaan proses pembelajaran, yang dilanjutkan dengan pemberian posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung>ttabelyaitu 8.91>2.00 pada taraf nyata 0,05. Hal ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model siklus belajar abduktif empiris (kelas eksperimen) dan yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional (kelas kontrol). Kata Kunci : Siklus Belajar Abduktif Empiris, Hasil Belajar, Kalor
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011