ESSAY

Writer / NIM
DEISY REGINA IBRAHIM / 421409070
Study Program
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. MURSALIN, M.Si / 0012045710
Advisor 2 / NIDN
RAGHEL YUNGINGER, S.Pd, M.Si / 0026107704
Abstract
Pengembangan Perangkat Pembelajaran inkuiri terbimbing Pada Materi Perpindahan Kalor. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran inkuiri terbimbing materi perpindahan kalor di Sekolah Menengah Atas (SMA) kelas sepuluh (X) yang terdiri dari, Silabus, Rencana Pelaksanaan pembelajaran (RPP), Lembar Kegiatan Siswa (LKS) dan Bahan Ajar yang disesuaikan dengan kurikulum 2013. Proses pengembangan perangkat ini menggunakan model pengembangan perangkat Dick-Carey yang terangkum dalam empat tahap (Define, Design, Develop and Disseminate) yaitu Pendefinisian, Perancangan, Pengembangan dan Penyebaran. Hasil penelitian diperoleh dengan menggunakan lembar validasi perangkat pembelajaran. Masing-masing perangkat pembelajaran ini telah divalidasi oleh validator yang terdiri dari 2 validator yakni 1 orang dosen di jurusan Fisika dan 1 orang guru Fisika di SMA N 2 Gorontalo menyatakan bahwa pengembangan perangkat pembelajaran inkuiri terbimbing yang dikembangkan oleh peneliti dengan menggunakan desain Dick-Carey layak digunakan pada proses belajar mengajar di sekolah. Kata Kunci: pengembangan Perangkat pembelajaran, Desain Sistem pembelajaranDick dan Carey, kurikulum 2013.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011