ESSAY

Writer / NIM
IDRIS MANTI AHMAD / 421409087
Study Program
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. H. YOSEPH PARAMATA, M. Pd / 0015086106
Advisor 2 / NIDN
SUPARTIN, M.Pd / 0012047605
Abstract
ABSTRAK Idris Manti Ahmad, 2014. Pengaruh Penerapan Integrasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stik dan Model Pembelajaran Student Teams-Achieven Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Getaran Dan Gelombang (Suatu PenelitianDi SMP Negeri 3 Gorontalo). Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan antara hasil belajar siswa yang menggunakan integrasi model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stik dan model pembelajaran Student Teams-Achievement Divisions (STAD). Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 3 Gorontalo. Sampel yang diambil menggunakan Cluster Random Sampling yaitu pengambilan sampel secara acak dengan menggunakan uang logam kemudian ditentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol, dimana jumlah siswa untuk kelas eksperimen sebanyak 21 siswa pada kelas VIIIB dan untuk kelas kontrol sebanyak 27 siswa pada kelas VIIIA. Teknik analisis data menggunakan uji t. Sebagai persyaratan analisis dilakukan uji Normalitas dengan Rumus Chi Kuadrat dan uji Homogenitas dengan menggunakan uji Barlett. Dari hasil analisis data pada = 0.05 diperoleh ttabel = 2.00 dan thitung 23.52 dimana H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar fisika siswa yang diajar dengan menggunakan integrasi model pembelajaran kooperatif tipe talking stik dan model pembelajaran STAD dengan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung. Penggunaan integrasi model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stik dan model pembelajaran STAD lebih cocok digunakan dalam pembelajaran Fisika materi getaran dan gelombang. Kata Kunci : Integrasi Model Talking Stik dan Model Pembelajaran Student Teams-Achieven Division (STAD), Hasil Belajar.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011