ESSAY

Writer / NIM
CINDRA LASENA / 421409093
Study Program
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. H. YOSEPH PARAMATA, M. Pd / 0015086106
Advisor 2 / NIDN
CITRON S PAYU, S.Pd, M.Pd / 0024047403
Abstract
ABSTRAK Cindra Lasena, NIM. 421409093. "Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Siswa. (Suatu Penelitian Di Madrasah Aliyah Negeri Batudaa)". SKRIPSI. Jurusan Fisika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo, 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) lebih tinggi dari kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajar dengan model pembelajaran problem solving, pada pokok bahasan kesetimbangan benda tegar. Penelitian eksperimen ini dilakukan di MAN Batudaa pada semester kedua untuk tahun pelajaran 2013/2014 dengan rancangan post test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA MAN Batudaa .Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Teknik Sampling jenuh. Berdasarkan hasil penelitian, dapat terlihat adanya perbedaan kemampuan pemecahan masalah fisika siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah pada kelas eksperimen ((X1) ...) = 74,03 dan kelas kontrol ((X2) ...) = 63,96. Hal ini juga dapat dibuktikan dengan t test dengan taraf nyata 0,05 dan df = (n1 + n2 - 2) menunjukkan thitung > ttabel. Diperoleh thitung = 2,043 untuk = 0,05 diperoleh ttabel = 2,013, thitung berada diluar daerah penerimaan H0, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, adanya perbedaan kemampuan pemecahan masalah antara kelas eksperimen dan kontrol menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe GI terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika siswa. Kata Kunci : Model pembelajaran kooperatif tipe group investigation, Problem Solving, Kemampuan pemecahan masalah, Kesetimbangan Benda Tegar.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011