ESSAY

Writer / NIM
RABIATUN DARMAN / 421410051
Study Program
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Advisor 1 / NIDN
Dr. MASRI KUDRAT UMAR, S.Pd, M.Pd / 0006087308
Advisor 2 / NIDN
NOVA ELYSIA NTOBUO, S.Pd, M.Pd / 0021038106
Abstract
ABSTRAK Rabiatun Darman, 2014. Implementasi Model Active Learning tipe Question Student Have (QSH) pada Pembelajaran Sains materi Bunyi Kelas VIII Semester Genap T.P 2013/2014 SMP Negeri 7 Kwandang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan IPA, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Masri K. Umar, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Nova E. Ntobuo, S.Pd, M,Pd. Penelitian ini bermaksud untuk mendapatkan gambaran aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa melalui model Active Learning tipe Question Student Have (QSH) dengan suatu perangkat yang telah dikembangkan. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan cluster random sampling dimana untuk menentukan sampel yang akan dijadikan sumber data, maka dalam pengambilan sampelnya berdasarkan daerah populasi yang telah ditetapkan yaitu kelas VIIIA SMP Negeri 7 Kwandang yang berjumlah 15 siswa. Untuk menunjang keberhasilan penelitian, digunakan lembar pengamatan aktivitas guru, pengamatan aktivitas siswa dan tes hasil belajar. Berdasarkan analisis data hasil penelitian dari pertemuan I, II dan III, diperoleh gambaran aktivitas guru dan aktivitas siswa mengalami peningkatan serta hasil belajar siswa sebagian besar diatas Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yaitu 75. Dengan presentase secara klasikal didapatkan 13 siswa dari 15 siswa yang tuntas dengan presentase (86,67%) sedangkan siswa yang tidak tuntas yaitu sebanyak 2 siswa dari 15 siswa yaitu dengan presentase (13,33%). Kata kunci: Active learning, hasil belajar, bunyi
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011