ESSAY

Writer / NIM
SUTRIN R. RAHIM / 421410053
Study Program
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Advisor 1 / NIDN
Dr. SUNARTY SULY ERAKU, S.Pd, M.Pd / 0003097003
Advisor 2 / NIDN
AHMAD ZAINURI, S.Pd, MT / 0021077302
Abstract
ABSTRAK Sutrin R. Rahim. 2015. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation di Kelas XI SMK Negeri 1 Tilamuta pada mata pelajaran Fisika. Suatu penelitian di SMK Negeri 1 Tilamuta. Jurusan Fisika, Prodi Pendidikan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo (UNG) 2015. Pembimbing I :Dr. Hj. Sunarty S. Eraku, M.Pd, Pembimbing II : Ahmad Zainuri, S.Pd, M.T Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) di kelas XI SMK Negeri 1 Tilamuta pada mata pelajaran fisika yang berjumlah 16 siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus dengan mengikut sertakan 3 orang guru pengamat. Pengumpulan data hasil belajar siswa dilakukan melalui pemberian tes pada akhir setiap siklus. Selain itu, kegiatan guru dan kegiatan siswa dikumpulkan melalui tekhnik observasi. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan dengan menerapkan model pembelajaran koperatif tipe group investigation (GI) dapat meningkatkan kegiatan pembelajaran dan hasil belajar siswa. Hasil belajar pada siklus I yaitu 62,5 % meningkat menjadi 81,25 % pada siklus II. Jadi, hipotesis penelitian tindakan kelas ini yaitu" jika guru menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI), maka hasil belajar siswa akan meningkat" terbukti. Berdasarkan kenyataan tersebut, kesimpulan dari penelitian tindakan kelas ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fisika di kelas XI SMK Negeri 1 Tilamuta. Kata kunci : hasil belajar siswa, kooperatif tipe Group Investigation (GI), mata pelajaran fisika
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011