Writer / NIM
						YURNA / 421410063
						Study Program
						S1 - PENDIDIKAN FISIKA
						Advisor 1 / NIDN
						Dr. MASRI KUDRAT UMAR, S.Pd, M.Pd / 0006087308
						Advisor 2 / NIDN
						TIRTAWATY ABDJUL, S.Pd, M.Pd / 0020067903
						Abstract
						Yurna.  2014.  Deskripsi Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair 
Share  Pada Materi Bunyi.  Skripsi, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan IPA, 
Universitas Negeri Gorontalo. Tim  Pembimbing, Pembimbing 1  Dr. Masri Kudrat 
Umar, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Tirtawaty Abdjul, S.Pd, M.Pd
Tujuan dari penelitian ini  adalah  untuk mengetahui deskripsi penerapan 
model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share  pada materi bunyi. Penelitian 
ini menggunakan  metode deskriptif kuantitatif dengan maksud mengetahui 
deskripsi/gambaran tentang aktivitas  guru dan siswa  serta  hasil pembelajaran siswa 
melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share pada materi 
bunyi.  Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap, selama 4 bulan  Tahun 
Ajaran  2013/2014.  Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian 
selama tiga kali pertemuan pada materi bunyi adalah  Pengamatan terhadap 
keterlaksanaan RPP dan aktivitas siswa pengamatan dilakukan oleh 2 orang 
pengamat dan Tes hasil belajar.  Analisis data dengan menggunakan  teknik analisis 
statistika deskriptif. Data dikelompokan berdasarkan aktivitas siswa, yang diamati 
melalui lembar observasi yang terdapat aktivitas siswa yang akan terlihat selama 
proses pembelajaran berlangsung. Kemudian dianalisis, dikelompokan, dan 
dipresentasikan melalui tabel dan diagram.  Dalam penelitian ini disimpulkan bahwa 
Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe  Think Pair Share  pada materi bunyi 
di SMP N 8 Kota Gorontalo Dikelas VIII.3 dapat meningkatkan aktivitas guru dan 
siswa dalam proses pembelajaran yang dapat memberikan dampak positif terhadap 
hasil belajar baik dari pertemuan pertama dengan criteria capaian baik, pada 
pertemuan kedua diperoleh kriteria capaian sangat baik dan pertemuan ketiga 
meningkat dengan criteria capaian sangat baik. Selain itu, Penerapan model 
pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share pada materi bunyi di SMP N 8 Kota 
Gorontalo Dikelas VIII.3 hasil pembelajaran meningkat hal ini dapat dilihat dengan 
hasil belajar yang dicapai oleh siswa sebagian besar diatas skor yang telah ditentukan 
yaitu 75 yang dalam kategori ketuntasan individu. Sedangkan untuk kategori 
ketuntasan klasikal sangat baik dengan persentasi capaian 93,94%.
Kata Kunci: Think, Pair, Share dan Hasil Belajar
						Download files