ESSAY

Writer / NIM
YURNA / 421410063
Study Program
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Advisor 1 / NIDN
Dr. MASRI KUDRAT UMAR, S.Pd, M.Pd / 0006087308
Advisor 2 / NIDN
TIRTAWATY ABDJUL, S.Pd, M.Pd / 0020067903
Abstract
Yurna. 2014. Deskripsi Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Pada Materi Bunyi. Skripsi, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan IPA, Universitas Negeri Gorontalo. Tim Pembimbing, Pembimbing 1 Dr. Masri Kudrat Umar, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Tirtawaty Abdjul, S.Pd, M.Pd Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui deskripsi penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share pada materi bunyi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan maksud mengetahui deskripsi/gambaran tentang aktivitas guru dan siswa serta hasil pembelajaran siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share pada materi bunyi. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap, selama 4 bulan Tahun Ajaran 2013/2014. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian selama tiga kali pertemuan pada materi bunyi adalah Pengamatan terhadap keterlaksanaan RPP dan aktivitas siswa pengamatan dilakukan oleh 2 orang pengamat dan Tes hasil belajar. Analisis data dengan menggunakan teknik analisis statistika deskriptif. Data dikelompokan berdasarkan aktivitas siswa, yang diamati melalui lembar observasi yang terdapat aktivitas siswa yang akan terlihat selama proses pembelajaran berlangsung. Kemudian dianalisis, dikelompokan, dan dipresentasikan melalui tabel dan diagram. Dalam penelitian ini disimpulkan bahwa Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share pada materi bunyi di SMP N 8 Kota Gorontalo Dikelas VIII.3 dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran yang dapat memberikan dampak positif terhadap hasil belajar baik dari pertemuan pertama dengan criteria capaian baik, pada pertemuan kedua diperoleh kriteria capaian sangat baik dan pertemuan ketiga meningkat dengan criteria capaian sangat baik. Selain itu, Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share pada materi bunyi di SMP N 8 Kota Gorontalo Dikelas VIII.3 hasil pembelajaran meningkat hal ini dapat dilihat dengan hasil belajar yang dicapai oleh siswa sebagian besar diatas skor yang telah ditentukan yaitu 75 yang dalam kategori ketuntasan individu. Sedangkan untuk kategori ketuntasan klasikal sangat baik dengan persentasi capaian 93,94%. Kata Kunci: Think, Pair, Share dan Hasil Belajar
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011