ESSAY

Writer / NIM
ISWAL TUKA / 421410072
Study Program
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. MURSALIN, M.Si / 0012045710
Advisor 2 / NIDN
Dr. SUNARTY SULY ERAKU, S.Pd, M.Pd / 0003097003
Abstract
Iswal Tuka.2015 Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Menggunakan Metode Demostrasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika Siswa SMA Negeri 1 Lemito. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Mursalin M.Si, danPembimbingII Dr. Sunarty S. Eraku M.Pd. Penelitian ini merupakan studi eksperimen di SMA N 1 Lemito yang meneliti tentang pemahaman konsep pada hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) pada mata pelajaran fisika pada materi perpindahan kalor.Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dan yang menggunakan model pembelajaran Kooperativ Tipe STAD.Dalam penelitian ini dilibatkan dua kelas sebagai objek penelitian masing-masing terbagi dalam kelas eksperimen dan kelas kontrol.Seluruh kelas X SMA N 1 Lemito menjadi populasi pada penelitian ini dan diambil dua kelas sebagai sampel yang penarikan sampelnya menggunakan teknik Simple Random Sampling.Penelitian ini menggunakan desain Pretest-Posttest Control Group Design.Penelitian ini menggunakan instrument tesuraian. Secara statistik data rata-rata skor kemajuan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol diuji perbedaannya dengan mengunakan teknik statistik perametrik. Bedasarkan kriteria pengujian yang digunakan diperoleh bahwa terdapat perbedaan yang berarti pada hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan kriteria pengujian hipotesis maka diperoleh thitung > ttabelyaitu 2.52> 2.00 yang berarti menerima hipotesis (H1 diterima). Secara keseluruhan kemajuan hasil belajar siswa kelas eksperimen sebesar = 54,12 dan pada kelas kontrol sebesar dan kelas kontrol = 53,43. Hal ini menujukan terdapat perbedaan yang berarti pada kemajuan hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan demikian terdapat perbedaan antara model pembelajarannumbered heads together dengan model pembelajaran kooperativ tipe stad. kata kunci :Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT), Kooperatif Tipe STAD dan Hasil Belajar.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011