ESSAY

Writer / NIM
ANGGRIANA MOKODOMPIT / 421410093
Study Program
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. MURSALIN, M.Si / 0012045710
Advisor 2 / NIDN
SUPARTIN, M.Pd / 0012047605
Abstract
ABSTRAK Anggriana Mokodompit. 2015. Pengaruh Penerapan Model Active Knowledge Sharing Berbasis Eksperimen Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Topik Suhu dan Kalor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara kelas yang menggunakan model active knowledge sharing berbasis eksperimen dengan kelas yang menggunakan model active knowledge sharing dengan tidak berbasis eksperimen pada siswa kelas X di MA Al-Huda Gorontalo pada semester genap tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X yang terbagi dalam 4 kelas dengan jumlah 79 siswa. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Posttest Only Control Group Design. Pengambilan sampel dilakukan secara clustar random sampling untuk memilih anggota kelompok kelas. Pada kelas eksperimen diberi perlakuan dengan model pembelajaran active knowledge sharing berbasis eksperimen dan kelas kontrol dengan model pembelajaran active knowledge sharing dengan tidak berbasis eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar yang terdiri dari 9 item tes. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t dua sampel independen dengan hasil perhitungan diperoleh thitung ttabel yaitu 6,263 1,696. Dari hasil tersebut ditemukan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model active model active knowledge sharing dengan tidak berbasis eksperimen. Kata kunci : active knowledge sharing, eksperimen, hasil belajar, suhu dan kalor ABSTRACT Anggriana Mokodompit, 2015. The Influence of the application of experiment-based active knowledge sharing toward student's learning achivement on temperature and heat topic. this research aimed at investigating the difference between learning achievement of students who were taught by experiment-based active sharing knowledge model and those who were taught by non experiment-based active sharing knowledge model at class X of MA Al-Huda Gorontalo in even semester of 2014/2015 academic year. This research was an experimental research. The population of research were 79 students at class X which divided into 4 classes. This research applied posttest only control group design. The samples were gained through cluster random sampling technique. It was used to choose the members of class. The experiment-based active knowledge sharing model was applied in experimental class, and non experiment-based active knowledge sharing model was applied in control class. The instrument of this research was test of learning achievement consisting of 9 items of test. The result of hypothesis test using t test with two independent samples gained tcount>ttable; 6,263 > 1,696. From the result, it found that there was a difference of learning achievement of students who were taught by experiment-based active knowledge sharing and those who were taught by non experiment-based active knowledge sharing. keywords : Active knowledge sharing, experimental, learning achievement, temperature and heat.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011