ESSAY

Writer / NIM
MERTI BANGE / 421410094
Study Program
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. H. YOSEPH PARAMATA, M. Pd / 0015086106
Advisor 2 / NIDN
TIRTAWATY ABDJUL, S.Pd, M.Pd / 0020067903
Abstract
ABSTRAK Merti Bange. 2017. Pengaruh penerapan model pembelajaran kooper atif tipe snowball throwing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fisika. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Prof. Dr. H. Yoseph Paramata, M.Pd dan Pembimbing II Tirtawaty Abdjul, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar fisika siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif snowball throwing dengan hasil belajar fisika siswa yang menggunakan model pembelajaran tipe STAD. Penelitian ini dilaksanakan di Mts Al-Huda Gorontalo pada tahun ajaran 2016/2017. Metode penilitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan rancangan posttest- only control desain. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik cluster random sampling, siswa kelas VII3 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing dan siswa kelas VII4 sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran STAD. Instrumen yang digunakan yaitu tes hasil belajar berupa soal-soal uraian. Data instrument tes dianalisis menggunakan analisis statistic yaitu uji-t. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan uji-t pada taraf signifikan , sehingga diperoleh hasil£- t£-_hitung= 4,108>t_tabel = 1,677 dimana hipotesis (H0) ditolak dan hipotesis (H1) diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran STAD. Kata kunci : Kooperatif tipe Snowball Throwing, Hasil Belajar
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011