ESSAY

Writer / NIM
HASNIA / 421411004
Study Program
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. MURSALIN, M.Si / 0012045710
Advisor 2 / NIDN
AHMAD ZAINURI, S.Pd, MT / 0021077302
Abstract
ABSTRAK Hasnia. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Science, Environment, Technology, And Society (SETS) Menggunakan Metode Eksperimen Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Alat-Alat Optik di SMP Negeri 2 Telaga Biru. Skripsi. Jurusan Fisika, Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan IPA, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Dr. Drs. Mursalin, M. Si dan Pembimbing II: Ahmad Zainuri, S. Pd, MT. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada kelas yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Science, Environment, Technology, And Society (SETS) menggunakan metode eksperimen dengan kelas yang dibelajarkan dengan model pembelajaran berbasis masalah pada materi alat-alat optik. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Telaga Biru dan sampel pada penelitian ini yaitu kelas VIII2 dengan jumlah siswa 21 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII1 dengan jumlah siswa 21 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Pengumpulan data yang digunakan dengan menggunakan instrument tes. Instrument penelitian berupa tes essay yang terdiri dari 10 butir soal. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan membuat daftar hasil tes siswa pada kedua kelompok tersebut. Selanjutnya data diuji normalitasnya dengan menggunakan uji Liliefors. Selanjutnya pengujian homogenitas menggunakan statistik uji F, hasilnya adalah bahwa Fhitung
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011