ESSAY

Writer / NIM
ASTUTI A. ISMAIL / 421411013
Study Program
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. ENOS TARUH, M.Pd / 0012085908
Advisor 2 / NIDN
SUPARTIN, M.Pd / 0012047605
Abstract
ABSTRAK Astuti A.Ismail 2016. "Pengaruh Model pembelajaran Kooperatif diintegrasikan dengan model Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada mata pelajaran Fisika."Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo 2016. Pembimbing I Prof. Dr. Enos Taruh, M.Pd dan Pembimbing II Supartin S.Pd, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan terhadap hasil belajar siswa dengan melibatkan kelas eksperimen yang menggunakan Model pembelajaran kooperatif diintegrasikan dengan model talking stick dan kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan populasi yaitu seluruh siswa kelas XI IPA MAN Batudaa dan di ambil dua kelas sebagai sampel yaitu kelas eksperimen (XI IPA I) dan kelas kontrol (XI IPA II), penarikan sampel dilakukan dengan random classter Sampling. Dengan desain penelitian yang digunakan yaitu Post- Test Only Control Design. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument yang berupa tes essay. Tes essay ini ini yang diberikan kepada kelas eksperimen dan kelas control yaitu Post-test. Secara Statistik, data rata-rata skor hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif diintegrasikan dengan model talking stick dan kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD di uji perbedaannya dengan menggunakan statistik uji t pada pengujian hipotesis. Dari pengujian hipotesis dapat diperoleh nilai rata-rata belajar pada siswa kelas eksperimen sebesar XE= 59,56 dan rata-rata hasil belajar siswa pada kelas kontrol XK= 47,92. Sedangkan pengujian hipotesis = 0,05 didapatkan ttabel= 2,092, karena thitung>ttabel (3,8813>2,092) maka H0 ditolak dan disimpulkan nilai siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif diintegrasikan dengan model talking stick lebih tinggi secara signifikan daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran Fisika. Kata kunci : Integrasi Model Pembelajaran Kooperatif dengan Model Talking Stick, Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD, hasil belajar
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011