ESSAY

Writer / NIM
NURMASITA HANDAYANI MAUDARA / 421411014
Study Program
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. ENOS TARUH, M.Pd / 0012085908
Advisor 2 / NIDN
AHMAD ZAINURI, S.Pd, MT / 0021077302
Abstract
ABSTRAK Nurmasita Handayani Maudara. 2015. Pengaruh model pembelajaran kooperatif dengan menggunakan media kartu pintar terhadap hasil belajar siswa pada materi kalor. Pembimbing I Prof.Dr.Enos Taruh, M.Pd dan pembimbing 2 Ahmad Zainuri S.Pd, M.T Program Studi S1 Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen True Experimental Design yang dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2014/2015 di kelas X SMA Negeri 1 Kabila. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perbedaan antara hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif menggunakan media kartu pintar dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif menggunakan media kartu arisan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMA Negeri 1 Kabila. Pada penelitian ini diambil dua kelas sebagai sampel penelitian yang terbagi dalam kelas eksperimen yaitu kelas XMIA3 dan kelas kontrol yaitu kelas XMIA5 dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Penelitian ini menggunakan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan intrumen tes berbentuk uraian. Tes masing-masing diberikan pada siswa yang berada pada dua kelas yang menjadi sampel penelitian yakni kelas eksperimen dan kelas kontrol sebanyak 2 kali yaitu pretest sebelum diberikan perlakuan dan posttest setelah diberikan perlakuan. Ditinjau dari pengujian hipotesis dengan menggunakan statistik uji t dengan taraf signifikan dan n1+n2= 56 dalam penelitian ini diperoleh bahwa thitung> ttabel= 3,21 > 1,68 sehingga berdasarkan kriteria pengujian H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya "Terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif menggunakan media kartu pintar dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif menggunakan media kartu arisan". Kata Kunci :Hasil Belajar, Pembelajaran Kooperatif, Media Kartu Pintar. ABSTRACT Nurmasita Handayani Maudara. 2015. The influence of Coopertive learning model by using smart card toward students' learning achievement on kalor's material. The Principal supervisor was Prof. Dr. Enos Taruh, M.Pd and the co-supervisor was Ahmad Zainuri, S.Pd M.T Study Program of S1 Physics Education, Faculty of Mathemathics and Natural Sciences, State University of Gorontalo. This research was and experimrntal research. It applied True Experomrntal Design that was conducted in even semester of 2014/2015 academic year at class X of SMA Negeri 1 Kabila. This research aimed at investigating the difference of learning achievement of student that were taught by cooperative learning model usung smart card as media and by cooperative learning model using arisan card. The population of this research were all student of class X of SMA Negeri 1 Kabila. Then, it took two classes as samples which were divided into experimental class namely class XMIA3 and control class namely class X MIA5 through cluster random sampling. This research used Pretest-Posttest Control Group Desain. The data were collected trought essay test. The test s were given to each student in the two classes which became the samples of research two time in the pretest (before the treatment was given) and posttest (after the treatment was given). Observed from hypothesis test using t test at significance level = 0,05 and n1+n2 = 56, it gained tcount= 3,21 > ttable = 1,68. Thus based on the test criteria, then H0 was rejected anad H1 was accepted. It means that "There is a difference of learning achievement of students that were tought by cooperative learning model using smart card as media and by cooperative learning model using arisan card." Keywords : Students' learning achievement, cooperative Learning, Smart card as media.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011