ESSAY

Writer / NIM
HAMIDATUN NISWATIN / 421411016
Study Program
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. H. YOSEPH PARAMATA, M. Pd / 0015086106
Advisor 2 / NIDN
ABD WAHIDIN NUAYI, S.Pd, M.Si / 0023018601
Abstract
ABSTRAK Hamidatun Niswatin. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa pada materi suhu dan kalor di SMA Negeri 1 Suwawa, Kab. Bone Bolango. Program Studi S1 Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan IPA, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. H. Yoseph Paramata M.Pd dan Pembimbing II Abd. Wahidin Nuayi, S.Pd, M.Si Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan metode eksperimen dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Suwawa kelas X pada semester genap tahun ajaran 2014/2015. Hipotesis penelitian adalah terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan metode eksperimen dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) di SMA Negeri 1 Suwawa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah True Eksperimental Design dengan Pretest-Posttest Only Control Group Design. Dengan pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara cluster random sampling. Dari hasil pengundian terpilih kelas Xc sebagai kelas eksperimen yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan metode eksperimen dan kelas Xa sebagai kelas kontrol yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Sampel dalam penelitian berjumlah 40 orang siswa (20 kelas eksperimen dan 20 kelas kontrol). Untuk mengukur hasil belajar fisika siswa menggunakan instrument test yang berbentuk essai yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Berdasarkan kriteria pengujian hipotesis maka diperoleh thitung > ttabel yaitu 4,9878 > ttabel = 1,68 dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan metode eksperimen dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) di SMA Negeri 1 Suwawa. Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Metode Eksperimen, Hasil Belajar Siswa.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011