ESSAY

Writer / NIM
RIRIN FRENIKA AHMAD / 421411028
Study Program
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. H. YOSEPH PARAMATA, M. Pd / 0015086106
Advisor 2 / NIDN
Dr. NAWIR N. SUNE, M.Si / 0001116308
Abstract
ABSTRAK Ririn F. Ahmad, 2016. " Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Hasil Belajar Fisika Pada Siswa di SMK Gotong Royong Telaga ". Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo di bawah bimbingan bapak Prof. Dr. H. Yoseph Paramata, M.Pd dan bapak Dr. Nawir Sune M.Si. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar fisika pada siswa di SMK Gotong Royong Telaga. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan analisis statistik melalui uji regresi dan uji korelasi. Dari hasil pengujian tersebut diperoleh persamaan regresi = -42,3697+0,9733X, yang berarti setiap terjadi perubahan sebesar satu unit variabel X (Kecerdasan Emosional) maka akan diikuti oleh perubahan rata-rata variabel Y (Hasil Belajar) sebesar 0,9733 unit, dengan kedua variabel linier dan berarti. Sedangkan pengujian hipotesis berdasarkan perhitungan koefisien korelasinya r = 0,75 dengan koefisien determinasinya r2 = 0,56 atau 56%. Dalam pengujian keberartian koefisien korelasi diperoleh nilai thitung lebih besar dari ttabel,(6,05 > 1,70) pada taraf signifikan = 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar fisika pada siswa di SMK gotong royong telaga. Oleh karena itu guru harus kreatif dalam menggali kecerdasan emosional siswa agar hasil belajar yang diharapkan dapat tercapai. Kata Kunci : Kecerdasan Emosional dan Hasil Belajar
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011