ESSAY

Writer / NIM
I MADE ASTANA / 421411029
Study Program
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Advisor 1 / NIDN
Dr. MASRI KUDRAT UMAR, S.Pd, M.Pd / 0006087308
Advisor 2 / NIDN
SUPARTIN, M.Pd / 0012047605
Abstract
ABSTRAK I Made Astana. 2015. Hubungan Pemahaman Simbol, Besaran dan Satuan Fisika dengan Hasil Belajar Fisika. Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Masri Kudrat Umar, S.Pd, M.Pd, dan pembimbing II Supartin, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pemahaman simbol, besaran dan satuan fisika dengan hasil belajar fisika. Penelitian ini termasuk jenis penelitian survey dengan menggunakan teknik analisis korelasi dengan sampel penelitian siswa kelas X IPA SMA Negeri 1 Dungaliyo tahun pelajaran 2014-2015 yang berjumlah 28 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa (a) terdapat hubungan antara pemahaman simbol fisika dengan hasil belajar fisika sebesar 24,1 % dengan koefisien korelasi (r) sebesar 0,49, (b) terdapat hubungan antara pemahaman besaran fisika dengan hasil belajar fisika sebesar 36,363 % dengan koefisien korelasi (r) sebesar 0,603, (c) terdapat hubungan antara pemahaman satuan fisika dengan hasil belajar fisika sebesar 30,36 % dengan koefisien korelasi (r) sebesar 0,551, (d) terdapat hubungan secara bersama-sama antara pemahaman simbol, besaran dan satuan fisika dengan hasil belajar fisika sebesar 52,91 % dengan koefisien korelasi ganda sebesar 0,7274. Dengan demikian untuk meningkatkan hasil belajar fisika dapat dilakukan dengan pemahaman simbol, besaran dan satuan fisika. Kata Kunci: Simbol, Besaran, Satuan, dan Hasil Belajar.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011