ESSAY

Writer / NIM
ROSMA / 421411045
Study Program
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Advisor 1 / NIDN
Dr. SUNARTY SULY ERAKU, S.Pd, M.Pd / 0003097003
Advisor 2 / NIDN
AHMAD ZAINURI, S.Pd, MT / 0021077302
Abstract
ABSTRAK ROSMA. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaning Terhadap Hasil Belajar Siswa Fisika Pada Materi Gerak Lurus. Program Studi S1 Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Sunarty S. Eraku, M.Pd dan Pembimbing II Ahmad Zainuri S.Pd, M.T. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Student Facilitator and Explaning dengan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung (Direct Instruction) pada pelajaran fisika materi gerak lurus. Jenis penelitian yang digunakan adalah True Experimental Design dan desain penelitian yang digunakan yaitu Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Gotong Royong Telaga. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Sampel penelitian kelas X ATPH 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X ATPH 1 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan tes hasil belajar dalam bentuk essay. Sebelum diberikan perlakuan, kedua kelas diberikan pretest kemudian diberikan posttest setelah diberikan perlakuan. Hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung = 10,8956 > ttabel = 1,676 sehingga berdasarkan kriteria pengujian H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Student Facilitator and Explaning dengan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung (Direct Instruction). Dimana hasil belajar dengan model pembelajaran Student Facilitator and Explaning lebih tinggi dari hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran langsung Kata Kunci: Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaning, Pembelajaran langsung Hasil Belajar Siswa
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011