ESSAY

Writer / NIM
MULYANI MARDANI / 421411057
Study Program
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. MURSALIN, M.Si / 0012045710
Advisor 2 / NIDN
Dr. SUNARTY SULY ERAKU, S.Pd, M.Pd / 0003097003
Abstract
Mulyani Mardani. 2018 Pengaruh Penggunaan Number Heads Together Berbasis Learning Community Terhadap Hasil Belajar Siswa. Program Studi S1 Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Mursalin, M.Si dan Pembimbing II Dr. Sunarty S. Eraku, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Number Heads Together Berbasis Learning Community Terhadap Hasil Belajar Siswa dengan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Number Heads Together. Pada pelajaran fisika materi Energi dan Perubahannya. Jenis penelitian yang digunakan adalah True Experimental Design dan desain penelitian yang digunakan yaitu Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP NEGERI 2 TELAGA BIRU. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Sampel penelitian kelas VIII1sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan tes hasil belajar dalam bentuk essay. Sebelum diberikan perlakuan, kedua kelas diberikan pretest kemudian diberikan posttest setelah diberikan perlakuan. Hasil pengujian hipotesis diperoleh Fhitung = 6,06 >Ftabel = 4,13 sehingga berdasarkan kriteria pengujian H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Number Heads Together Berbasis Learning Community dengan hasil belajar siswa. Dimana hasil belajar dengan model pembelajaran Number Heads Together Berbasis Learning Community. Kata Kunci: Number Heads Together Berbasis Learning Community. Hasil Belajar Siswa
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011