ESSAY

Writer / NIM
SUHAEDA / 421411062
Study Program
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Advisor 1 / NIDN
Dr. MASRI KUDRAT UMAR, S.Pd, M.Pd / 0006087308
Advisor 2 / NIDN
NOVA ELYSIA NTOBUO, S.Pd, M.Pd / 0021038106
Abstract
ABSTRAK Suhaeda. 2016. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Wujud Zat dan Perubahannya Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator And Explaining di Kelas VII3 SMP Negeri 2 Telaga Biru. Suatu Penelitian Tindakan Kelas di SMP Negeri 2 Telaga Biru. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Fisika Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator And Explaining di Kelas VII3 SMP Negeri 2 Telaga Biru pada mata pelajaran IPA Fisika, dengan jumlah 20 siswa. Penelitian ini mengacu pada model Spiral dari Kemmis dan Taggart. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu instrumen tes hasil belajar siswa, lembar pengamatan aktivitas siswa dan lembar pengamatan aktivitas guru. Berdasarkan tindakan pada siklus I, dari 20 siswa yang dikenai tindakan, 17 siswa yang tuntas atau secara klasikal mencapai 85 %. Karena terjadi peningkatan hasil belajar siswa dan memenuhi kriteria nilai yang sudah ditetapkan maka penelitian diakhiri pada siklus I. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator And Explaining dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator And Explaining
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011