ESSAY

Writer / NIM
JULHARMAN DUE / 421411065
Study Program
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Advisor 1 / NIDN
MUHAMMAD YUSUF, S.Si, M.Si / 0011037503
Advisor 2 / NIDN
NOVA ELYSIA NTOBUO, S.Pd, M.Pd / 0021038106
Abstract
ABSTRAK Julharman Due (421 411 065) 2015. "Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning Melalui Starter Experiment Approach Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Usaha dan Energi." Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model problem based learning melalui starter experiment approach terhadap hasil belajar siswa pada materi usaha dan energi. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Kotabunan, kab. Bolaang mongondow timur, sulawesi utara pada tahun ajaran 2015/2016. Metode penelitian yang digunakan adalah true experiment dengan desain nonequivalent control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling, siswa kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model problem based learning melalui starter experiment approach, dan siswa kelas XI IPA II sebagai kelompok kontrol yang menggunakan model porblem based learning melalui scientific approach. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes dianalisis menggunakan analisis statistik yaitu uji-t. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan uji-t pada taraf signifikansi () = 0,05, didapatkan yaitu 2,9822 > 1,688, sehingga hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima, maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh penggunaan model problem based learning melalui starter experiment approach terhadap hasil belajar siswa pada materi usaha dan energi. Kata kunci : Model problem based learning, starter experiment approach, hasil belajar
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011