ESSAY

Writer / NIM
WINDA OKTAVIANI LAMANGIDA / 421411066
Study Program
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. MURSALIN, M.Si / 0012045710
Advisor 2 / NIDN
TIRTAWATY ABDJUL, S.Pd, M.Pd / 0020067903
Abstract
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SUHU, PEMUAIAN DAN KALOR Winda Oktaviani Lamangida1,Mursalin2,Tirtawaty Abdjul3 Jurusan Fisika, FMIPA Universitas Negeri Gorontalo ABSTRAK Winda Oktaviani lamangida (421411066).Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Berbasis Contextual Teching and LearningTerhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Suhu, Pemuaian dan Kalor.Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo.Pembimbing :(1) Prof. Dr. H. Mursalin, M.Si (2) Tirtawaty Abdjul, S.Pd, M.Pd Penelitian ini bertujuan mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif berbasis contextual teaching and learning terhadap hasil belajar pada materi suhu, pemuaian dan kalor. Penelitian ini dilakukan di kelas VII 2 SMP Negeri I Tilongkabila tahun ajaran 2014/2015.Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen.Pada penelitian ini sampel diambil sebanyak I kelas yang berjumlah 27 orang.Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes objektif tipe pilihan ganda (Multiple Choice) dengan empat pilihan (Option) yang digunakan untuk mengukur peningkatan hasil belajar siswa pada materi suhu, pemuaian dan kalor. Dalam penelitian ini, diperoleh rerata skor post-test sebesar 12,63 lebih tinggi di bandingkan dengan rerata skor pre-test sebesar 9,26 dan selisih yang diperoleh sebesar 3,37 serta dilihat dari gain yang dinormalisasi psebesar 0,4 dengan kriteria sedang. Berdasarkan perhitungan uji-t dengan taraf kepercayaan 95% ( = 0,05) diperoleh harga ttabel = 2,05 thitung =4,66 dari hasil diperoleh thitung = 4,66>ttabel= 2,05 sehingga hipotesis H0 ditolak dan menerima hipotesis H1 Kata Kunci : Hasil Belajar, Contextual Teaching and Learning Winda O. Lamangida, Mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Fisika Prof. Dr. H Mursalin, M.Si Dosen Pembimbing I Tirtawaty Abdjul, S.Pd, M.Pd, Dosen Pembimbing II PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SUHU, PEMUAIAN DAN KALOR Winda Oktaviani Lamangida1, Mursalin2, Tirtawaty Abdjul3 Jurusan Fisika, FMIPA Universitas Negeri Gorontalo ABSTRACT Winda Oktaviani Lamangida (421411066). The Implementation of Cooperative Learning Model, Contextual and Learning based to the Students' Learning Achievement on the Temperature, Thermal Expansion, and Heat Topic.Study Program of Physics Education, Department of Physics, Faculty of Mathematics and Natural Sciences. The principal supevisior was Prof. Dr. H. Mursalin, M.Si and Co-supervisior was Tirtawaty Abdjul, S.Pd, M.Pd. This research aimed at knowing the implementation of cooperative learning model, Contextual and Learning based to the students' learning achievement on the temperature, thermal expansion, and heat topic. This research was conducted on class VII of SMP Negeri 1 Tilongkabila in academic year 2014/2015. The method of this research used quasi-experiment, the sample of the research was about 27 students in one class. The instrument of the research used multiple choice with four options that uses to increase the students' learning achievement on the temperature, thermal expansion, and heat topic. In this research, the post-test about 12.63 was higher the pre-test score about 9.26. The difference was about 3.37 from the normalize gain about 0.4 with the medium criteria. The t-tes with the level of significance about 95% ( = 0.05) abtained the ttable = 2.05, tcount = 4.66, it means the tcount> ttable, so H0 was rejected and H1 was accepted. Keywords: learning achievement, contextual teaching and learning.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011