ESSAY

Writer / NIM
FATRIYANTI SAUWALI / 421411074
Study Program
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Advisor 1 / NIDN
Dr FITRYANE LIHAWA, M.Si / 0009126902
Advisor 2 / NIDN
TIRTAWATY ABDJUL, S.Pd, M.Pd / 0020067903
Abstract
Fatriyanti Sauwali, 2015. Motivasi Belajar Mahasiswa dalam penggunaan perangkat Pembelajaran Berbasis Riset pada mata kuliah Interaksi Belajar Mengajar". Skripsi, Program Studi S1 pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I oleh Dr.Fitryane Lihawa, M.Si dan Pembimbing II oleh Tirtawaty Abdjul, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini adalah bagian dari pengembangan perangkat model pembelajaran berbasis riset yang bertujuan untuk mengetahui gambaran motivasi mahasiswa dalam penggunaan prangkat Pembelajaran Berbasis Riset pada mata kuliah Interaksi Belajar Mengajar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa yang mengambil mata kuliah Interaksi Belajar Mengajar pada tahun ajaran 2014/2015. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik purposive sampling. Kelas yang dijadikan sampel adalah kelas Fisika A dengan jumlah siswa 23 orang. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket motivasi. Sebelum digunakan instrument penelitian divalidasi oleh 2 validator ahli dan diuji validitas dan reliabilitasnya kepada 17 orang siswa diluar sampel. Berdasarkan hasil validasi empirik dari 40 butir soal terdapat 7 butir soal tidak valid sehingga tidak dapat digunakan dan 33 butir soal valid yang bisa digunakan dengan releabilitas sebesar 0,939 (sangat tinggi). Dari hasil penelitian, jumlah skor yang didapatkan keseluruhan mahasiswa yaitu 2406 dari skor maksimum 3036 dengan skor rata - rata 104,6 yang termasuk dalam kriteria tinggi. Selain itu, dari hasil penelitian juga didapatkan bahwa ada 8 orang mahasiswa yang mendapat skor dengan kriteria motivasi sedang dan jika dipersentasekan maka hasilnya adalah 34,78%. Kemudian ada 15 orang mahasiswa yang mendapatkan skor dengan kriteria tinggi yang persentasenya mencapai 65,22%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar mahasiswa tinggi dalam penggunaan perangkat pembelajaran berbasis riset pada mata kuliah Interaksi Belajar Mengajar. Kata Kunci: Motivasi Belajar, Pembelajaran Berbasis Riset
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011