ESSAY

Writer / NIM
I MADE SUWIRNA / 421412003
Study Program
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Advisor 1 / NIDN
Dr. MASRI KUDRAT UMAR, S.Pd, M.Pd / 0006087308
Advisor 2 / NIDN
CITRON S PAYU, S.Pd, M.Pd / 0024047403
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bermaksud untuk mendeskripsikan kegiatan mengasosiasi dalam pembelajaran fisika pada materi gelombang di SMA Negeri 1 Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian terdiri dari 27 orang siswa dan 1 orang guru. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, angket dan tes hasil belajar. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan 1) Hasil pengamatan kegiatan mengasosiasi yang dilakukan oleh siswa meliputi mencari sebab akibat, menganalisis masalah, mengklasifikasi informasi, membandingkan informasi, mencari perbedaan dan persamaan suatu informasi, mencari hubungan, mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan dari informasi, dan membuat dugaan atau argumen. Persentase keterlaksanaannya mencapai 71,14 dan 67,40% pada pertemuan ke-1 dan 2. 2) Hasil pengamatan kegiatan mengasosiasi yang dilakukan oleh guru adalah mengarahkan dan membimbing siswa untuk mengasosiasi. Persentase keterlaksanaannya mencapai 82,10 dan 79,70% pada pertemuan ke-1 dan 2. 3) dari hasil angket diketahui bahwa persentase minat siswa terhadap kegiatan mengasosiasi sebesar 60,3%. 4) Tes hasil belajar menunjukkan dari 27 orang siswa 19 orang yang tuntas dengan rentang nilai 75 sampai 95 dan siswa yang tidak tuntas berjumlah 8 orang dengan rentang nilai 45 sampai 70. Kata Kunci: Kegiatan Mengasosiasi, Pembelajaran Fisika
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011