ESSAY

Writer / NIM
ASHAR / 421412006
Study Program
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Advisor 1 / NIDN
Dr. MASRI KUDRAT UMAR, S.Pd, M.Pd / 0006087308
Advisor 2 / NIDN
SUPARTIN, M.Pd / 0012047605
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui deskripsi kegiatan mengamati dalam pembelajaran fisika materi gelombang di SMA Negeri 1 Gorontalo. Sumber data pada penelitian ini adalah guru dan siswa kelas XI IPA 7 di SMAN 1 Gorontalo dengan jumlah siswa 27 orang, dengan instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi, angket dan tes hasil belajar. Hasil penelitian ini menunjukan pada aktifitas siswa dalam kegiatan mengamati rata-rata semua indikator dipertemuan pertama sebesar 75,3% dan pertemuan kedua 70,8%, aktifitas guru dalam kegiatan mengamati rata-rata semua indikator dipertemuan pertama sebesar 83,3% dan pertemuan kedua sebesar 81,7%, selanjtnya aktifitas guru dalam pembelajaran secara keseluruhan untuk rata-rata setiap indikator pada pertemuan pertama diperoleh 87,6% dan dipertemuan kedua sebesar 89,5%. Hasil angket minat belajar siswa secara kesuluruhan menunjukan bahwa siswa memiliki minat yang besar terhadap kegiatan mengamati dalam pembelajaran fisika materi gelombang di SMAN 1 Gorontalo. Tes hasil belajar siswa menunjukan 70,4% siswa memenuhi kriteria ketuntasan minimal dan 29,6% siswa yang tidak memenuhi kriteria ketuntasan minimal. Kata kunci: Kegiatan Mengamati, Pembelajaran fisika, Gelombang.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011