ESSAY

Writer / NIM
VERY / 421412008
Study Program
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Advisor 1 / NIDN
Drs. ASRI ARBIE, M.Si / 0017046302
Advisor 2 / NIDN
ABD WAHIDIN NUAYI, S.Pd, M.Si / 0023018601
Abstract
ABSTRAK Very. 2016. Pengembangan instrumen penilaian afektif siswa SMA untuk mata pelajaran Fisika. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. Asri Arbie, M.Si dan Pembimbing II Abd. Wahidin Nuayi, S.Pd, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, keefektifan dan kepraktisan instrumen penilaian afektif yang dikembangkan untuk pembelajaran Fisika SMA khususnya kelas X. Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian pengembangan (research and development) dengan menggunakan model pengembangan Borg dan Gall. Draft awal instrumen dikembangkan berdasarkan pada hasil studi lapangan dan studi pustaka. Instrumen yang dikembangkan ditelaah dan divalidasi oleh tim ahli dan guru mata pelajaran Fisika untuk melihat kelayakan instrumen. Selain validasi ahli, instrumen ini juga divalidasi secara konstruk dengan menggunakan korelasi Pearson dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach untuk menganalisis keefektifan instrumen. Instrumen yang dihasilkan selanjutnya dinilai oleh guru mata pelajaran selaku pengguna untuk melihat kepraktisan instrumen. Hasil telaah ahli menunjukan bahwa instrumen yang dikembangkan memiliki kriteria layak, hasil analisis konstruk juga menunjukan bahwa instrumen yang dikembangkan efektif dengan nilai rhitung > 0.3 dan nilai reliabilitasnya sebesar 0.825. Penilaian guru mata pelajaran juga menunjukan bahwa instrumen penilaian yang dikembangkan mudah dan praktis untuk digunakan. Kata kunci: pengembangan, penilaian afektif, self assesment , peer assesment
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011