ESSAY

Writer / NIM
ARLIAN YAHUDU / 421412016
Study Program
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. H. YOSEPH PARAMATA, M. Pd / 0015086106
Advisor 2 / NIDN
CITRON S PAYU, S.Pd, M.Pd / 0024047403
Abstract
ABSTRAK Arlian Yahudu. 2016. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Menggunakan Media Animasi pada Materi Gelombang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Univarsitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Prof. Dr. Yoseph Paramata, M.Pd dan Pembimbing II Citron S Payu, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk yang efektif, praktis, dan layak berupa perangkat pembelajaran Fisika yang menggunakan media animasi pada materi Gelombang. Model yang digunakan yaitu model 4-D (four-D model) yang terdiri atas empat tahap pengembangan yaitu, Define (pendefinisian), Desaign (perancangan), Develop (pengembangan), dan Disseminate (penyebaran). Perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi: Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Media Pembelajaran, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), dan Tes Hasil Belajar (THB) pada pokok bahasan Gelombang. Perangkat pembelajaran ini telah memenuhi kriteria layak dengan hasil yang diperoleh dari 3 validator ahli yaitu perangkat pembelajaran yang dikembangkan memiliki kualitas baik. Untuk keterlaksanaan pembelajaran yang dilihat dari aktivitas guru dan aktivitas peserta didik memiliki kualitas baik dan memenuhi kriteria kepraktisan, hal ini dapat dilihat dari uji coba terbatas yaitu rata-ratanya sebesar 93 dan 92 % sedangkan untuk uji coba terluas yaitu rata-ratanya sebesar 93 dan 99 %. Dan untuk penilaian tes hasil belajar, penilaian sikap, dan penilaian keterampilan memiliki kualitas baik dan memenuhi kriteria keefektifan. Kata kunci: Perangkat pembelajaran, pengembangan perangkat pembelajaran, 4-D (four-D model), Gelombang ABSTRACT Arlian Yahudu, 2016. Physics Learning Devices Development using Animation Media on Wave Topic. Skripsi. Study Program of Physics Education, Departrnent of Physics, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, State University of Gorontalo. Principal supervisor is Prof. Dr. Yoseph Paramata, M.Pd and Co-supervisor is Citron S. Payu, S.Pd, M.Pd. This research aims at producing effective, practice, and appropriate product of physiss learning devices using animation media on wave topic. The model in this research is 4-D (four-D Model) consists of four development stages namely define, design, develop and disseminate. Learning devices that developed include syllabus, lesson plan, learning media, student worksheet, and student's achievement test on wave topic. These learning devices have fulfilled the appropriate criteria with the result obtained from three expert validators is that the developed learning devices have good quality. For the implementation of learning media which is seen by teacher and student's activity have good quality and fulfill tlre practicality criteria. This can be seen by limited trial which the average is 93 and 92 % while the average for the largest trial is 93 and 99%. Besides, learning achievement test assessment, attitude assessment, and skill assessment have good quality and fulfill effectiveness criteria. Keywords: Learning media, Learning media development, 4-D (four-D model), Wave.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011