ESSAY

Writer / NIM
SHINDY TUNGKAGI / 421412046
Study Program
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. ENOS TARUH, M.Pd / 0012085908
Advisor 2 / NIDN
SUPARTIN, M.Pd / 0012047605
Abstract
ABSTRAK Shindy Tungkagi, 2016. Identifikasi Miskonsepsi Pada Pemahaman Siswa Kelas X Fisika Pada Materi Alat-alat Optik di SMA Negeri 1 Pinolosian. Skripsi, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan IPA, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing (I) Prof. Dr. Enos Taruh, M.Pd dan Pembimbing (II) Supartin, S.Pd, M.Pd. Tujuan dari penelitian ini (I) untuk mengetahui miskonsepsi peserta didik terhadap materi alat-alat optik. Penelitian ini menggunakan metode deskripsi dengan pendekatan kualitatif yang menggambarkan atau mendeskripsikan miskonsepsi pada pemahamn siswa kelas X materi alat-alat optik. Dalam penelitian ini disimpulkan bahwa (I) Pada 5 kelas yang menjadi sampel peneliti dimana dari 15 nomor soal secara keseluruhan dari semua kelas, soal nomor 3 dan 4 lah yang paling banyak terdapat miskonsepsi yaitu dikelas X2 dengan perolehan 57,89 % dan yang tidak terlalu mengalami miskonsepsi yaitu soal nomor 15. Kemudian dari hasil persentase rata-rata diperoleh untuk setiap kelas yaitu 19,67 % untuk kelas X-1, 24,54 % untuk kelas X-2, 19,33 % untuk kelas X-3, 18,09 % untuk kelas X-4, 13,96 % untuk kelas X-5. Hal ini memperlihatkan bahwa pada keseluruhan siswa di SMA 1 pinolosian pada materi alat-alat optik tingkat persentase miskonsepsinya rata-rata masih tergolong rendah atau kebanyakan siswa masih memahami konsep materi ini dengan baik. (II) Pada materi alat-alat optik ini, ternyata masih banyak siswa yang tidak tau atau keliru dengan konsep penglihatan benda dan juga pembentukan bayangan pada cermin dan juga materi lensa dimana tingkat miskonsepsinya masih tergolong tinggi. Kata Kunci : Miskonsepsi, Pemahaman Siswa
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011