ESSAY

Writer / NIM
SRI CICIN KATILI / 421412049
Study Program
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. MURSALIN, M.Si / 0012045710
Advisor 2 / NIDN
SUPARTIN, M.Pd / 0012047605
Abstract
ABSTRAK Sri Cicin Katili. 2016. Penerapan Strategi REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Usaha Dan Energi Kelas VIII SMP Negeri 2 Ponelo Kepulauan. Suatu Penelitian SMP N 2 Ponelo Kepulauan, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo (UNG). Pembimbing I : Prof. Dr. H. Mursalin, M.Si, Pembimbing II : Supartin, M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan strategi REACT dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi usaha dan energi di kelas VIII SMP Negeri 2 Ponelo Kepulauan. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, evaluasi berlangsung dua siklus. Pengumpulan data hasil belajar siswa dilakukan melalui pemberian tes pada akhir setiap siklus. Selain itu, kegiatan aktivitas guru dan siswa dikumpulkan melalui tekhnik observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan dengan menerapkan strategi REACT pada kegiatan pembelajaran dan hasil belajar siswa telah terjadi peningkatan yakni dari 59,09% yang memperoleh nilai 76 keatas dengan daya serap 75,7% meningkat menjadi 90,90% dengan daya serap 86,7. Jadi, hipotesis penelitian tindakan kelas ini yaitu " jika guru menerapkan strategi REACT maka hasil belajar siswa akan meningkat". Berdasarkan kenyataan tersebut, kesimpulan dari penelitian tindakan kelas ini adalah strategi REACT dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi usaha dan energi di kelas VIII SMP Negeri 2 Ponelo Kepulauan. Kata Kunci : Hasil Belajar, Strategi REACT
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011