ESSAY

Writer / NIM
NURAIN ABDUL LATIF / 421412057
Study Program
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. ENOS TARUH, M.Pd / 0012085908
Advisor 2 / NIDN
SUPARTIN, M.Pd / 0012047605
Abstract
ABSTRAK Nurain Abdul Latif. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Eksperimen terhadap Hasil Belajar Siswa SMA. Essay. Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Enos Taruh, M.Pd dan Pembimbing II Supartin, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis eksperimen dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran inkuiri bebas berbasis eksperimen di kelas X di SMA Negeri 6 Gorontalo Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian ekperimen dengan pretest-posttes control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang terdiri dari 5 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dan terpilih kelas X 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas X 3 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan yaitu tes hasil belajar sebanyak 11 butir soal dalam bentuk uraian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis eksperimen dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran inkuiri bebas berbasis eksperimen. Hal ini ditunjukkan oleh nilai Fhitung = 14,56 sedangkan Ftabel = 4,07 pada taraf nyata = 0,05 dengan db = 43, yang berarti Ho ditolak atau H1 diterima. (2) Rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan model inkuiri terbimbing berbasis eksperimen lebih tinggi dari rata-rata hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model inkuiri bebas berbasis eksperimen dengan yaitu 51,04 > 43,78. Kata Kunci: Inkuiri Terbimbing, Inkuiri Bebas, Hasil Belajar Siswa
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011