ESSAY

Writer / NIM
LIKMAN BILONDATU / 421412058
Study Program
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Advisor 1 / NIDN
Drs. ASRI ARBIE, M.Si / 0017046302
Advisor 2 / NIDN
ABD WAHIDIN NUAYI, S.Pd, M.Si / 0023018601
Abstract
ABSTRAK Likman Bilondatu, 2016. "Deskripsi Implementasi Kurikulum 2013 pada Pelaksanaan Penilaian Pembelajaran Fisika di SMA N 1 Telaga". Pembimbing 1 Drs. Asri Arbie, M.Si, dan Pembimbing 2 Abd. Wahidin Nuayi, S.Pd, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran implementasi Kurikulum 2013 pada pelaksanaan penilaian pembelajaran fisika di SMA N 1 Telaga. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu guru fisika di SMA N 1 Telaga. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi, wawancara dan dokumentasi, dan instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi dan pedoman wawancara. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan teknik analisis data model Miles and Huberman. Teknik analisis data ini terdiri atas tiga tahapan yaitu tahap reduksi data, penyajian data, dan tahap penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi Kurikulum 2013 pada pelaksanaan penilaian pembelajaran fisika di SMA N 1 Telaga terdapat beberapa kendala yang ditemui yaitu: 1) pelaksanaan penilaian yang dilakukan lebih ditekankan pada aspek pengetahuan dengan menggunakan tes tertulis sebagai cara penilaian yang dominan; 2) pada pelaksanaan penilaian sikap dan keterampilan, banyak peserta didik yang sudah tidak aktif lagi ketika kegiatan tersebut dilakukan pada jam-jam terakhir; 3) jumlah peserta didik yang akan dinilai terlalu banyak sedangkan waktu yang tersedia sangat singkat, sehingga penilaiannya menjadi subjektif; 4) waktu pelaksanaan penilaian (selain UTS dan UAS) yang terkadang dilakukan tidak sesuai dengan apa yang telah diprogramkan dan dijadwalkan; 5) banyaknya administrasi pelaporan penilaian yang harus dibuat, sedangkan waktunya sangat singkat. Kata Kunci: Implementasi Kurikulum 2013, Penilaian Pembelajaran Fisika. ABSTRACT Likman Bilondatu, 2016. "Description of 2013 Curriculum Implementation on the Assessment of Physics Learning in SMA N 1 Telaga". Supervisor 1 Drs. Asri Arbie, M.Si, and Supervisor 2 Abd. Wahidin Nuayi, S.Pd, M.Si. The purpose of this research was to describe the 2013 Curriculum implementation on the Assessment of Physics Learning in SMA N 1 Telaga. This reseach is a qualitative research with descriptive approach. Sources of data in this research is physics teacher at SMA N 1 Telaga. Data collection techniques used were observation, interview and documentation, and the instrument used is the observation sheet and interview guidelines. As for the data analysis techniques using data analysis techniques model of Miles and Huberman. Data analysis technique consists of three stages: stage data reduction, presentation of data, and the conclusion/verification. The results showed that the implementation of 2013 Curriculum on the Assessment of Physics Learning in SMA N 1 Telaga there are some obstacles encountered are: 1) implementation of the assessment conducted more emphasis on aspects of knowledge using a written test as the dominant method of assessment; 2) the attitudes and skills assessment exercise, a lot of students who are no longer active when they are carried out in the last hours; 3) the number of learners to be assessed too much while the very short time available, so that the subjective judgment be; 4) timing of the vote (in addition to UTS and UAS), which sometimes do not correspond to what was programmed and scheduled; 5) the number of administrative reporting assessments should be made, while the time is very short. Keywords: Implementation of Curriculum 2013, Assessment of Learning Physics
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011